Aman Kutuk Pelaku Pembakar Rumah Adat Komunitas Cek Bocek

Sumbawa Besar, Sumbawanews.com.- Rumah adat komunitas Cek Bocek terbakar sekitar pukul 21.30 wita,Kamis (18/10/2012), penyebab terbakarnya rumah adat komunitas tersebut, dipastikan karena ulah manusia, akan tetapi belum diketahui siapa pelakunya. Hal tersebut dikatakan Ketua Pengurus Daerah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (PD Aman) Kabupaten Sumbawa, Jazardi Gunawan, SH, kepada Sumbawanews.com, Jumat (19/10/2012).

“Saya langsung tersentak saat mendengar khabar tersebut,” ujar Jazardi Gunawan.

Jazardi menduga, pembakaran terhadap rumah adat komunitas Cek Bocek, erat kaitannya dengan permasalahan yang terjadi antara Cek Bocek dengan PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT), melihat kondisi yang terjadi antara Cek Bocek dengan PTNNT saat ini.

“Tidak mungkin Pemerintah yang membakarnya, dan tidak mungkin juga masyarakat biasa yang membakarnya, sebab itulah kuat dugaan kami kalau yang membakarnya merupakan orang suruhan PTNNT,” tukas Jazardi Gunawan.

Disinggungnya, Kejadian yang membuat masyarakat adat Cek Bocek geram tersebut, akan dilaporkan ke Polisi, dan Aman sendiri mempercayakan polisi untuk menjerat pelaku pembakaran, karena telah melanggar hukum dan aturan yang berlaku.

“Kami dari Aman mengutuk keras oknum yang telah melakukan pembakaran terhadap identitas komunitas adat Cek Bocek,” ujarnya.

Sementara itu, Dato Sukanda, Kepala Suku komunitas adat Cek Bocek, saat dikonfirmasi menyatakan, tidak satupun barang- barang yang ada dalam rumah adat terselamatkan, mulai dari beberapa data penting, barang pusaka, serta alat ritual.

“Kami ingin pelaku pembakaran rumah adat kami dihukum dengan seberat- beratnya, kami tidak mau bertindak sendiri, sebab kami percaya dengan hukum di Negara ini,” tutu Dato Sukanda. (Ismu)
http://www.sumbawanews.com/berita/aman-kutuk-pelaku-pembakar-rumah-adat-komunitas-cek-bocek 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes