Cek Bocek Kembali Akan Duduki Camp PTNNT di Dodo Rabu ini

Sumbawa, Sumbawanews.com. – Komunitas adat Cek Bocek Selesek Reen Sury (Suku Berco), kembali berencana akan menduduki Camp PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) di Blok Elang Dodo, Kecamatan Ropang dengan agenda ritual adat ‘mohon kerik selamat’ yang akan dilaksanakan pada Rabu (10/10) pagi ini.
Dalam siaran persnya, Bidang Advokasi Hukum dan HAM Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Daerah Sumbawa (AMANDA Sumbawa) , Febriyan Anindita menjelaskan pada Senin (8/10) lalu, sekitar pukul 20.00 wita, masyarakat adat cek bocek menggelar rapulung adat (Musyawarah adat)  yang dipimpin pimpinan adat, Datu Sukanda RHD, membahas rencana akan dilaksanakannya ritual adat ‘mohon kerik selamat’. Ritual ini merupakan permohonan masyarakat kepada Allah SWT untuk dihindarkan dari berbagai macam bala bencana. 
 
Menurut Ferbian Anandita warga adat merasakan dalam dua tahun terakhir mengalami gagal panen akibat telatnya musim hujan di atas wilayah adat mereka. Sehingga disepakati untuk menggelar ritual adat di wilayah Dodo sekaligus menyampaikan kekecewaan dan aspirasi terhadap aktifitas eksplorasi PTNNT di wilayah yang dianggap Cek Bocek sebagai salah satu penyebab terlambatnya masa tanam di atas lahan pertanian. Hal itu dianggap sangat bersifat signifikan terhadap kehidupan dan perekonomian mereka.
 
Dijelaskannya Datuk Sukanda menyatakan, bahwa masyarakat adat Cek Bocek menganggap perusahaan tambang emas PTNNT telah masuk ke wilayah adat tanpa kompromi melalui proses jalur adat (Rapulung). Cek Bocek menilai PTNNT tanpa kompromi dengan masyarakat adat sebelum menggunakan hak ulayat. Meski masih dalam tahap ekplorasi dan pengeboran beberapa titik serta membangun basecamp, hukum adat tidak membenarkan aktivitas apapun sebelum ada persetujuan adat.
 
“Sehingga masyarakat adat meminta pada para pekerja dan aparat kepolisian (Brimob) di wilayah yang sedang dieksplorasi untuk menghentikan akgtifitas eksplorasinya sebelum ada Rapulung dengan Masyarakat Adat,” ungkap Suganda. (sn01

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes