Ikuti Saran Kapolres, Cek Bocek Tahan Diri

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Meski sudah ada laporan resmi dari PTNNT terkait dugaan tindak pidana pengrusakan yang dilakukan Komunitas Adat Cek Bocek Selesek dan ditindaklanjuti dengan dibentuknya Tim Penyidik oleh jajaran kepolisian, namun upaya persuasive tetap dikedepankan. Hal ini diungkapkan Kapolres Sumbawa, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Karsiman SIK MM, terkait pengembangan kasus yang ditangani pihaknya.
Kepada Gaung NTB Kapolres mengaku sudah turun langsung ke Lantung dan Ropang bertemu dengan tokoh masyarakat setempat. Dalam pertemuan itu, Kapolres menitipkan pesan untuk masyarakat Cek Bocek agar tidak melakukan tindakan yang merugikan masyarakat dan kelompok itu sendiri. Dari laporan kapolsek belum lama ini, pesan itu direspon komunitas tersebut yang berjanji untuk menahan diri dengan tidak melakukan tindakan-tindakan yang melanggar hukum. Rencananya pentolan Cek Bocek akan bertemu dengan Pemda selaku pemberi ijin PTNNT untuk melakukan kegiatannya, termasuk mendapatkan klarifikasi soal putusan MK terkait tanah adat.
Seperti diberitakan Gaung NTB, PTNNT telah melaporkan secara resmi aksi Komunitas Adat Cek Bocek Desa Lawin Kecamatan Ropang yang ‘menduduki’ Base Camp Eksplorasi Blok Elang, kepada pihak kepolisian belum lama ini. Laporan tersebut juga karena ada kekhawatiran dari perusahaan tambang itu terhadap ancaman dari komunitas pimpinan Datuk Sukanda ini akan membakar dan merusak basecamp.
Sebelumnya puluhan massa yang tergabung dalam Komunitas Cek Bocek masuk ke lokasi basecamp eksplorasi di Blok Elang dengan cara memotong pagar kawat. Aksi ini dilakukan karena massa ingin memasang patok petunjuk pemilikan hutan adat tepat di landasan heliped dan pusat kegiatan ekplorasi. Namun aksi ini berhasil dicegah aparat kepolisian yang kemudian menghalau massa keluar dari di lokasi itu. Esoknya, Komunitas Cek Bocek memasang patok di empat lokasi. Setiap papan patok tertulis “Hutan Milik Komunitas Cek Bocek (Suku Berco) Bukan Hutan Negara. Putusan MK No. 35/PUU-X/2012”. http://www.gaungntb.com/2013/09/ikuti-saran-kapolres-cek-bocek-tahan-diri/

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes