ANALISIS KARAKTERISTIK WILAYAH KOMUNITAS ADAT CEK BOCEK SELESEK RENSURl (SUKU BERCO)

Kehidupan Komunias Masyarakat Adat Cek Bocek sudah 6 abad berinteraksi dengan hutan rimba disekitarnya. Ikatan emosional dengan wilayahnya sehingga terbangun kebiasaan-kebiasaan khas sebagai hasil tempaan dari perjalanan hidupnya. Hal inilah yang terbangun dalam kegidupan sehari-hari melalui proses adaptasi terhadap karakteristik lingkungannya.
Dalam kehidupan di masyarakat tidak pernah lepas dari pengaruh lingkungan hidupnya dan wilayahnya. Maka untuk melihat persoalan keruangan di Wilayah Adat Cek Bocek Selesek Rensuri (suku Berco), akan dibahas  mengenai karakteristik wilayah Adatnya. Untuk memudahkan pembaca dalam melihat persoalah keruangan di wilayah Adat, maka data-data dan hasil analisa di sajikan dalam bentuk tematik peta dan data tabulasi yang merupakan hasil olahan secara spatial (keruangan). Analisis Karakteristik  wilayah meliputi kondisi, ciri, dan hal  yang terkait dengan fakta fisik.
        4.1. Wilayah Komunitas Masyarakat Adat Cek Bocek Selesek Rensuri (Suku Berco)
Pembuktian tata batas wilayah Komunitas Adat Cek Bocek Selesek Rensuri (Suku Berco) dilakukan malaui proses musyawarah yang menghadirkan dari komunitas tetangga yang bersebelahan, sehingga menghasilkan sketsa wilayah. Berdasarkan sketsa tersebut dilakukan survey lapang. Peta tata batas hasil survey dilakukan verifikasi untuk keabsahan dengan membubuhkan tanda tangan dari perwakilan komunitas tetangga.  Maka berdasarkan hal tersebut sudah dapat dipastikan bahwa Koordinat Geografi batas wilayah komuntas Adat Cek Bocek terletak antara : 117◦ 18’  s/d  117◦ 30’ Bujur Timur  dan antara 8◦ 52’  s/d 9◦ 04’ Lintang Selatan.
Berdasarkan letak koordinat geografis dapat ditarik batas polygon wilayah adat, sehingga dapat dijabarkan bahwa wilayah adat cek bocek berbatasan langsung dengan lainnya, yaitu: 
·         Sebelah utara berbatasan dengan Ropang yang berada pada wilayah hulu DAS Lang Remung;
·         Sebelah selatan berbatasan dengan pantai selatan Pulau Sumbawa, Samudera Indonesia;
·         Sebelah barat berbatasan dengan Lunyuk yang melintasi wilayah hulu DAS babar, DAS Lampit dan DAS Presa;
·         Sebelah timur berbatasan langsung dengan Lebangkar yang melintasi sungai Sengane.

Tata batas Wilayah Adat Cek Bocek Selesek Rensuri (Suku Berco) maka dari hasil kesepakatan dengan komunitas sebelah-menyebelahnya didapat luasnya sebesar  28.975,74 Ha, terletak di Kecamatan Ropang – Kabupaten Sumbawa – Nusa Tenggara Barat.

Peta 4.1. Lokasi  Wilayah Adat Cek Bocek Selesek Rensuri
 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes